Selasa, 12 Agustus 2008

Sampah dan Daur Ulang

○Tata cara pembuangan sampah rumah tangga
Umumnya kantor pemerintah kota akan mengangkut sampah rumah tangga. Mengenai cara pembagian sampah dan cara pembuangan sampah berbeda tergantung dari tiap-tiap daerah.
Tanyakan pula pada para tetangga atau pada kantor pemerintah kota mengenai tempat, jam dan tanggal pengangkutan sampah yang biasanya sudah ditentukan. Buanglah sampah Anda sesuai dengan tata cara dan hari yang telah ditentukan.


○Pembagian sampah rumah tangga biasa
Tata cara pembagian sampah berbeda tergantung dari tiap-tiap daerah. Ada daerah yang membagi sampah antara yang mudah terbakar dengan yang tidak mudah terbakar, dan ada juga daerah yang tidak membaginya seperti itu.
Ada daerah yang membagi sampah dengan membedakannya dari jenis kotak sampah, atau juga dengan hari pengangkutan sampah yang tergantung dari jenis sampah.
Tanyakan pula pada para tetangga atau kantor pemerintah kota mengenai cara pembagian sampah ini. Buanglah sampah sesuai dengan cara pembagian sampah yang telah ditentukan oleh daerah tersebut.


○Tata cara pembagian sampah yang termasuk kategori sampah besar
Tata cara pengangkutan sampah besar seperti peralatan listrik dan mebel berbeda di tiap-tiap daerah. Alat pengatur udara, TV, kulkas dan mesin cuci tidak termasuk dalam kategori ini.
Ada beberapa daerah yang sudah menentukan hari untuk melakukan pengangkutan sampah besar, sehingga Anda perlu memgadakan pemberitahuan terlebih dahulu. Ada pula daerah yang memerlukan prosedur untuk mengangkut sampah besar ( ditambah ongkos angkut ).
Tanyakan pada para tetangga atau kantor pemerintah kota mengenai hal ini.


○Alat pengatur udara, TV, kulkas, dan mesin cuci bekas
Peralatan besar seperti TV, pengatur udara, kulkas dan mesin cuci tidak akan dihitung sebagai kategori sampah berukuran besar. Anda dapat meminta toko dimana Anda membeli barang-barang tersebut, atau toko barang-barang bekas untuk mendaur ulang barang yang telah Anda buang. Anda juga harus mengeluarkan biaya daur ulang dan biaya pengangkutan barang.
Akan tetapi, Anda tetap perlu menanyakan pada pihak kantor pemerintah kota mengenai hal ini untuk mencegah jika terjadi penolakan dari pihak toko untuk mendaur ulang barang-barang Anda.


○Mengumpulkan barang-barang yang bisa disumberdayakan untuk digunakan kembali
Ada beberapa daerah yang membagi sampah umum dan sampah yang bisa disumberdayakan untuk dipakai lagi. Sampah-sampah seperti koran bekas atau majalah bekas, kaleng atau botol akan dikumpulkan untuk dipakai lagi.
Tanyakan pada para tetangga atau kantor pemerintah kota mengenai cara pembuangan sampah-sampah tersebut. (sumber: www.clair.or.jp)

0 komentar:

Posting Komentar